Rabu, 09 Oktober 2013

TAUHID DALAM ISLAM

Assalamu 'alaikum...

Menurut dari Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Tauhid, 9 Okt 2013), tauhid adalah konsep dalam akidah islam yang menyatakan Alloh itu Tuhan Yang Maha Esa atau Tuhan Yang Berhak di Sembah oleh makhluknya. Sehingga perkara ini akan menunjukkan pada jati diri seorang muslim bahwa mereka hanya akan menyembah Allah semata tanpa adanya sekelumit atau sepercik iman kepada selain Alloh. Ini sesuai dengan tujuan penciptaan manusia itu sendiri.

Tauhid menurut Firanda.com (http://www.firanda.com/index.php/artikel/aqidah/403-pembagian-tauhid-menjadi-tiga-adalah-trinitas, 9 Okt 2013),  itu terbagi tiga yaitu



  • Tauhid ar-Rubuubiyah artinya Mengesakan Allah dalam hal penciptaan, pemilikan dan pengaturan. Yaitu meyakini bahwa Allah Maha Esa dan tidak ada dzat lain yang ikut nimbrung membantu Allah dalam hal penciptaan, penguasaan, dan pengaturan.
  • Tauhid al-Uluhiyah : Mengesakan Allah dalam peribadatan hamba kepadaNya. Artinya Allah Maha Esa dalam penyembahan, maka tidak ada dzat lain yang boleh untuk ikut serta disembah disamping penyembahan terhadap Allah.
  • auhid al-Asmaa wa as-Sifaat : Mengesakan Allah dalam nama-nama dan sifat-sifatnya. Artinya tidak ada dzat lain yang menyamai sifat-sifat Allah yang maha sempurna.
Namun bagi saya pribadi (menurut nafsi tanpa ilmu, mohon untuk tidak diikuti jika ada khilaf, dan mohon perbaikannya), tauhid adalah memberikan keikhlasan pada hati untuk meyakini kalau hanya Allohlah Satu-satunya Tuhan Yang Masa Satu (Al-Wahid) atau Esa dan Tuhan Yang Wajib di Sembah tanpa adanya iman lainnya atau dalam arti persekutuannya.

Mohon perbaikannya jika ada dalam tulisan ini yang salah, dan bagi penulis dari website yang saya cuplik, maka mohon izin dan masukannya.

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat walaupun sedikit.

Assalamu 'alaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Masukkan Komentar Anda / Please, type your comment here...